Tuesday, September 4, 2018

AZAB NERAKA JAHANAM YANG MENGERIKAN


10 GAMBARAN AZAB NERAKA JAHANAM

neraka jahannam adalah tempat  yang sangat mengerikan dan ditakuti oleh seluruh makhluk

Neraka Jahanam adalah tempat paling mengerikan yang akan dihuni oleh orang-orang yang telah melakukan banyak dosa. Lawan dari neraka  adalah surga, jika di surga terdapat kebahagiaan yang tak terkira, ternyata di neraka inilah tempat dilakukannya penyiksaan sebagai tebusanatau hukuman yang paling menyiksa bagi orang-orang yang berdosa.
Neraka sendiri saat ini lebih dikenal dengan gambaran api. Padahal neraka sebenarnya tidak hanya api saja. Misalnya saja neraka well yang merupakan tempat paling dingin.bahkan es yang ada di dunia tidak ada apa-apa nya dibanding nya neraka will
Neraka memiliki 7 tingkatan, dan setiap tingkatan tersebut memiliki tingkat penyiksaan yang berbeda.semakin tinggi tingkatan nya, maka semakin dahsyat pula siksaan nya. Semua dikelompokkan berdasarkan dosa yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Neraka jahanaam adalah salah satu neraka yang paling banyak dihuni oleh orang yang yang memiliki dosa paling besar.
Firman ALLah SWT.’’kepada mereka a neraka pada saat pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat’’.(QS. Ghafir: 46)
Sebenarnya ketika hari kematian datang, seorang tersebut di tampakkan tempat tinggal nya pada pagi dan sore nya. Bila dia termasuk ke dalam orang penghuni surga, maka ia akan ditampakkan surga. Sedangkan jika ia adalah calon penghuni neraka, maka ia akan ditampakkan neraka.
Di jelaskan bahwa Allah SWT menciptakan neraka jahannam melalui beberapa proses, yang pertama adalah Allah menyalakan neraka jahannam selama 1000 tahun sehingga warna nya merah, setelah itu  dibakar lagi selama 1000 tahun dan menjadi putih, lalu 1000 tahun lagi hingga menjadi hitam, lalu menjadi hitam gelap, tidak perna pada nyala serta bara api neraka jahannam tersebut.
Andaikan Allah membuka neraka jahannam sebesar lubang jarum saja. Niscaya semua penduduk yang ada di bumi akan terbakar hangus, andaikan satu baju ahli neraka yang digantung antara langit dan bumi, tentu saja penduduk bumi akan mati karena panas dan basinya. Adaikan seorang yang ada di ujung barat di siksa, niscaya orang-orang yang ada di ujung timur juga akan terbakar serta panas nya.
Banyak sekali azb yang di  berikan kepaada para penghuni neraka jahannam, azab tersebut akan diterima oleh orang-orang yang melakukan dosa karena tidak patuh akan perintah Allah SWT. Berikut ini adalah gambaran neraka yang sesuai dengan tutunan al-Qur’an dan hadits.
1. AZAB PALING RINGAN
Dari nu’man bin basyir ra, ia berkata: aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya siksaan paling ringan bagi ahli neraka ketika hari kiamat adalah seseorang yang di bawah kedua telapak kakinya diberi dua bara api neraka sehingga otak yang ada di dalam kepalanya nya mendidih’’  (Hadits Riwayat Bukhari dan muslim).
Jadi paling ringan siksaan di neraka untuk orang-orang yang menghuninya saja adalah 2 bara api yang bisa mendidihkan otak manusia lalu bagaimana dengan siksaan orang-orang yang melakukan tindakan keji dan mungkar? Tentu saja akan melebihi dari itu semua. Jadi sebaiknya kita bertaubat mulai saat ini agar Allah memberikan surga nya kepada kita.
2.  AZAB PEMINUM KHAMAR
Azab bagi para peminum khamar adalah Allah akan memberikan nya minuman dari sungai Ghuthah, apakah sungai Ghuthah itu? Sungai tersebut adalah sungai yang air nya mengalir dari kemaluan para pelacur, tentu saja bau dan air tersebut sangat menyengat.
Itu adalah siksaan bagi para peminum khamar,lalu bagaimana dengan dosa yang lain juga dilakukan? Apakah anda ingin mendapatkan siksaan yang berlipat ganda? Karena setiap dosa akan di hitung semua nya.
Minum khamar tidak hanya membawa dampak buruk di neraka saja, tetapi dampak buruk di dunia akan anda  dapatkan. Orang yang meminum khamar akan terganggu pergangguan otak nya sehinggah tidak bisa berpikir dengan baik.
Ada sebuah cerita yang menyebutkan bahwa seorang melakukan banyak dosa hanya karena khamar yang merusak pemikiran, jika ketika orang tersebut minum dan mabuk, ternyata ia mampu melakukan zina, setelah itu iamembunuh orangkarena takut ketahuan telah berzina.
Jika hanya karena khamar, ternyata semua dosa besar bisa dilakukan dengan mudahnya. Karena itulah menjahui khamar adalah jalan yang paling baik agar bisa berpikir dengan baik sebelum melakukan suatu hal.
3. AZAB WANITA YANG TIDAK MAU MENYUSUI ANAKANYA           
       Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW bahwa sesungguhnya azab bagi para wanita yang tidak mau menyusui anak nya adalah putting susu nya digigit oleh ular.
Dan satu gigitan ular tersebut akan menyebabkan panas selama 40 musim bahkan Rasulullah juga menyebutkan bahwa gigitan kala jengking yang ada di neraka juga akan membuat panas demam selama 40 musim
4. AZAB BAGI PARA PEZINA
            Azab bagi para laki-laki dan perempuan yang ada di neraka menurut sabda Nabi Muhammad SAW adalah mereka memiliki tubuh yang besar dan buruk paling di pandang kemudian keluar juga bau busuk dari tubuhnya yang bau seperti tempat pembuangan sampah.
5. AZAB BAGI ORANG YANG MEMBUKA SEBELUM WAKTUNYA DI BULAN RAMADHAN
            Menurut Nabi Muhammad SAW azab bagi  orang yang berbuka di bulan puasa sebelum waktunya berbuka adalah mereka yang digantung dengan posisi kaki mereka di atas. Dan mulutnya robek-robek sehingga darah akan mengalir dengan sangat deras dari mulutnya.
6. AZAB ORANG KAFIR
            Hukuman bagi orang kafir yang ekstrim dalam kekafiran nya. Suka berbuat bencana di muka bumi, dan mengajak orang lain pada kekafiran tidaklah sama dengan orang kafir yang tidak melakukan hal-hal sedemikian itu. Rasulullah SAW bersabda: ‘’sesungguhnya tebal kulit orang kafir yang ada di neraka adalah 42 hasta ukuran orang kuat yang berukuran besar. Besarnya gigi sepeti gunung uhud, dan tempat duduknya ada di jahannamm seluas mekkah dan madinah.
Allah SWT juga berfirman dalam surat an-nisa ayat ke 56 yang berbunyi ‘’ sesungguhnya orang-orang yang kafir pada ayat-ayat Allah. Akan dimasukkan mereka ke dalam neraka, ketika kulit mereka hangus, maka kulit tersebut akan diganti dengan kulit yang lain agar mereka merasakan azab paling pedih, sesungguhnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana’’
7. AZAB ORANG MATI BUNUH DIRI
Ternyata orang yang mati bunuh diri juga di beri azab oleh Allah dan dimasukkan ke dalam neraka karena diberi kehidupan tetapi mereka justru memilih untuk mati di tangan nya sendiri.
8. ORANG YANG PALING MENGERIKAN AZABNYA
            Orang yang paling mengerikan azabnya adalah orang-orang yang menggambar makhluk hidup yang bernyawa orang yang membuat berhala juga mendapat azab atau siksaan yang paling mengerikan.
Selain itu oran-orang yang membunuh nabi atau dibunuh nabi hingga orang yang paling bengis ketika menyiksa orang lain ketika di dunia. Itulah orang yang akan mendapat kan neraka jahannam serta siksaan paling mengerikan di neraka.
9. AZAB BAGI ORANG YANG UCAPAN TIDAK SESUAI DENGAN PERBUATAN
            Orang-orang yang paling menyuruh kepada kebaikan tetapi tidak mengamalkan nya juga akan dimasukkan ke dalam neraka, lidah mereka akan di potong karena telah mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan dan membaca kitab allah tetapi tidak mengamalkan nya. Sungguh azab yang pedih sehingga marilah kita bertaubat mulai dari sekarang.
10. AZAB PEMILIK HARTA YANG TIDAK MENUNAIKAN ZAKATNYA
              Dalam Shahih al-bukhari terdapat riwayat dari abu hurairah radhiyallahu ‘anhu. Sabda Rasulullah SAW.’’pemilik harta yang tidak menunaikan zakatnya. Di depan nya akan di perlihatkan dihadapan nya wujud seekor ular botak, ular tersebut memiliki 2 titik hitam di atas matanya.
Dia mematuk pangkal dagu orang kaya tersebut dan berkata.’’akulah hartamu dan akulah simpananmu’’.(HR. AL-Bukhari).
Dalam riwayat lain juga diceritakan bahwa orang tersebut lari menghindari nya, tetapi ular tersebut mengerikan. Lalu ia berlindung dari darinya, tetapi ular tersebut mematuk tangan dan melilitnya.
Jadi 10 Gambaran  azab neraka jahannam yang sangat mengerikan di atas sangat mengerikan dan semoga membuka mata hati kita agar terus berada di jalan allah ridhoi. Bagaimana cara agar bisa menjadi orang yang lebih baik lagi?
Simak ulasan nya berikut ini:
Hati memang terus berubah, untuk terus berada di jalan nya haruslah kita mendekat dengan orang-orang yang berada di jalan yang benar.  Biasanya lingkungan juga sangat mempengaruhi, sehingga bertemanlah dengan orang-orang yang biak agar kita tidak terjerumus pada hal yang buruk
Menjaga sholat 5 waktu, dan jangan lupa juga untuk menunaikan sholat sunnah dan lain nya agar kita terhindar dari hal-hal buruk yang merusak hati. Untuk menjadi orang yang baik, hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga sholat 5 waktu terlebih dahulu.
Menunaikan zakat, shodaqoh, dan puasa juga merupakan jalan utama untuk selalu berada di jalan yang Allah ridhoi. Biasanya orang akan melalaikan hal-hal sepele. Tetapi ketika dosa kecil tersebut dilakukan secara terus menerus, bukan tidak mungkin jika dosa tersebut akan menumpuk dan sehinggah menjadi banyak.
Istiqomah adalah cara yang tepat untuk menjadi orang yang baik, dengan sikap konsisten kita akan bisa menjalani segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah dengan lebih mudah kita akan menjadi fokus ketika melakukan sesuatu agar tidak melanggar perintah agama.
Yang penting adalah tidak melakukan hal-hal yang telah digambarkan 10 neraka diatas. Meskipun kita sudah merasa menjadi orang yang baik, tanpa ridho Allah SWT kita buaknlah orang yang baik. Manusia tidak bisa menilai baik dan buruk diri sendiri. Karena itulah terus meminta hidayah kepada Allah agar kitadi jaga dari hal yang buruk.
Itulah 10 Gambaran azab neraka jahanam yang sangat mengerikan dan membuat orang akan menyesal atas apa perbuatan yang telah dilakukan sebelumnya di dunia sebenaarnya perbuatan yang baik akan memberikan dampak yang baik, dan perbuatan buruk juga akan membawa kepada keburukan.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan kita di jadikan orang-orang ahli surga oleh Allah SWT. Terimah kasih
Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh


6 comments:

  1. YA ALLAH AMPUNILAH KAMI SEMUA YANG BANYAK KHILAF DAN SALAH

    ReplyDelete
  2. MARI kita niat perbaiki ibadah kita semua ya??
    amiinn....

    ReplyDelete
  3. Allah kuasa dengan segala kekuasaannya

    ReplyDelete
  4. Ternyata orang yang mati bunuh diri juga di beri azab oleh Allah dan dimasukkan ke dalam neraka karena diberi kehidupan tetapi mereka justru memilih untuk mati di tangan nya sendiri.

    ReplyDelete