Tuesday, September 11, 2018

kisah nabi shaleh AS dan mukjizat nabi shaleh adalah Unta


KISAH NABI SHALEH DAN KAUM TSAMUD
kisah nabi shaleh AS dan mukjizat nabi shaleh adalah unta

A.Anugerah Allah swt untuk kaum tsamud
kaum samud mewarisi kemakmuran serta kemewahan yang kaum ‘Ad dahulu. Mereka diberikan nikmat oleh ALLAH dengan tanah yang subur dan menghasilkan hasil yang sungguh melimpah.
Selain itu peternakan yang berkembang biak dengan banyaknya, perkebunan bungan yang indah, serta kemampuan mereka membangun megah – megah dan indah. Sehingga semua itu membuat mereka hidup sejahtera, tentram dan bahagia.
B.Kelalaian Kaun Tsamud Akan Kemewhan
Kelalaian kaum tsamud
Dengan semua anugerah kemewahan yang diberikan Allah SWT. Mereka menjadi sejahtera, tentram bahagia serta merasa aman. Dan alamiahnya bahwa sebuah kemewahan hidup mereka itu akan kekal jauh ke anak keturunan mereka.
Tapi sayangnya kaum tsamud waktu itu lalai tidak mengenali tuhannya. Mereka malah menyembah dan memuja berhala – berhala. Mereka berkurban dan meminta segala sesuatu kepada berhala yang mereka puja. Mereka tidak mampu melihat dan memikirkan lebih jauh tentang apa yang tidak dapat dijangkau dengan pancaindra.
Dalam Al-Qur’an ALLAH SWT berfirman : “dan ingatlah ketika dia menjadikan kamu khafilah – khafilah setelah kaum Ad dan menempatkan kamu di bumi. Ditempat yang datar kamu dirikan istana – istana dan bukit bukit kamu pahat menjadi rumah rumah. Maka ingatlah nikmat  nikmat ALLAH dan janganlah kamu melakukan kerusakan di bumi (QS.AL-A’RAF:74)
Dalam kisah nabi saleh AS ALLAH SWT yang maha pengasih dan penyayang tidak membiarkan para hambanya beradadalam kegelapan terus menerus. Lalu ALLAH SWT mengutus seorang nabi lelaki yang beriman dan bertakwa dari golongan kum Tsanud untuk menjadi nabi.
C.Diustunya Nabi Soleh As
Kemudian diutuslah nabi soleh AS untuk memberikan kaum Tsamud jalan keluar yang terang agar mereka keluar dari jalan sesat. ALLAH SWT juga tidak akan menurunkan azab kepada suatu kaum sebelum ALLAH SWT memperingatkan mereka. Serta ALLAH SWT tidak akan menurunkan azab sebelum memberi mereka petunjuk.
Nabi soleh AS diutus oleh ALLAH SWT dari kaum Tsamud, dari keluarga yang terpandang dan dihormati, kaum Tsamud. Keluarga Nabi soleh AS terkenal oleh kaum Tsamud sebagai kelurga yang rendah hati, ramah dalam bergaul, tangkas cerdik dan pandai.
D.Dakwah Nabi Saleh As Kepada Kaum Tsamud
Kemudian dikenalkan nabi soleh AS kepada kaum Tsamud untuk menyembah apa yang seharusnya mereka sembah. Nabi soleh AS mengajak mereka menyemBAH Tuhan ALLAH SWT yang merupakan sebenar – benarnya Tuhan.
Karena ALLAH SWT yang telah meenciptakan manusia, alam semesta dan dengan segala macam isinya. Allah juga yang telah memberi segala macam rezeki dan kenikmatan kepada mereka. Oleh karena itu Allah lah yang seharusnya mereka sembah, bukan patung – patung batu yang tidak berkuasa untuk apapun.
Nabi soleh juga menerangkan bahwa ia seorang diri dari kalangan mereka masih memiliki ikatan darah keturunan keluarga. Nabi saoleh AS mengharapkan kepda mereka menuju kebaikan dan kebajikan, sesekali tidak akan menjerumuskan mereka.
Menerangkan bahwa dirinya merupkan utusan Allah Swt, dengan ajaran dan dakwahnya kepada mereka merupakan rahmat ALLAH, amanat yang haru disampaikan kepada mereka untuk kebaikan dunia dan akhirat kelak.
Ia mengharapkan kaum Tsamud mempertimbngkan dam memikirkan dengan sunggguh – sungguh  tentang apa yang dia serukn kepada mereka. Supaya mereka meninggalkan persembahan – persembahan baerhala dan mulai beriman kepada ALLAH SWT.
Dengan bertobat dan memohonkan ampun atas dosa – dosa serta perbuatan syirik yang telah lama mereka lakukan, karena ALLAH maha dekat, dan maha mendengar segala do’a mereka baik memberi ampunan kepada mereka yang bersalah apabila meminta ampunan.
E.Penolakan Dakwah Kaum Tsamud Atas Dakwah Nabi Soleh As
setelah mendengar seruan dakwah  dalam kisah nabi soleh as, kaum tsamud terperanjat kaget, mereka tidak menduga bahwa akan datang hal yang baru dari saudara mereka sendiri.dengan serentak mereka menolak ajakan nabi soleh as tersebut kepada mereka.
kaum tsamud berkata : wahai soleh!! Kami mengenal engkau sebagai seorang yang pintar, fikiranmu tajam, cerdas, dan pandai. Semua pertimbangan dan pendapatmu sellalu tepat, kami memiliki tanda kebajikan dan sifat terpuji pada dirimu.
Namun semua harapan itu meleset sehingga kepercayaan kami jatuh setelah  melihat prbuatanmu yang menyalahi aturan adat istiadat. Apa yang sebenarnya engkau serukan kepada kami?? Engkau mengiginkan kami meninggalkan persembahan kami dari nenek moyang kami, persembahan serta agama yang sudah mendarah daging pada diri kami, yang telah mendaging menjadi hidup kami sejak kami dilahirkan. Sesuatu yang akan tetap kami pegang, karena kami tidak akan meninggalkannya untuk selama – lamanya.
Kami tidak akan mengikuti segala seruanmu yang sesat itu, kami tidak akan mempercayai segala omong kosongmu. Bahkan kami meragukan akan kenabianmu, kami tidak akan mendurhakai nenek moyang kami dengan meninggalkan persembahan mereka dan mengikuti jejakmu. Kemudian nabi soleh AS memperingatkan kaum Tsamud agar tidak menentang dan tetap mengajak untuk beriman kepada ALLAH SWT. Nabi soleh AS menceritakan  kepada mereka akan azab ALLAH  yang diberikan kepada kaum sebelum mereka yang menentang dan mendustakan rasul ALLAH,
Sedikit kaum Tsamud yang maumenerima dakwah nabi Soleh AS dan beriman kepada ALLAH SWT. Kebanyakan dari kaum Tsamud dari golongan kayatetap teguh menyombongkan dirinya dan mengingkari nabi soleh AS.
Pemuka kaum tsamud melihat kegagalan dan keberhasialan dakwah nabi soleh AS yang semkin giat menarik orang –orang yang mengikutinya dakwah nabi soleh semkin lama mendapaat perhatian dari golongan menengah.
Setelah itu pemuka kaum tsamud berusaha untuk membendung dakwah nabi soleh AS. Merka menentang nabi soleh AS dengan menunjukkan kebenaran kenabiannya dengan suatu mukjizat dam bentuk benda. Ataupun kejadian yang luar biasa yang berada diluar kekuasaan manusia.
F.Allah Berilkan Unta Mukjizat Nabi Soleh As
NABI SOLEH Sadar akan tantangan dari kaum tsamud tersebut yang menuntutnya menunjukkan mukjizat kepada mereka. Jika beliau gagal akan menghilangkan pengaruh serta wibawa-nya dimata para kaum-nya.
Kemudian nabi soleh AS menjawab tantangan mereka dengan menuntut janji kepada mereka . apabila berhasil mendatangkan mukjizat kaum Tsamud diminta agar meninggalkan agama, persembahan mereka lalu beriman kepada ALLAH SWT.
Sesuai tuntunan yang diminta pemuka kaum tsamud, nabi soleh AS berdo’a memohon kepada Allah SWT supaya memberikan mukjizat. Sebagai bukti akan kebenaran risalah dan sekaligus mematahkan tantangan kaum tsamud yang keras kpala akan berhala.
Berdo’alah ia kepada ALLAH agar menciptakan seekor unta betina keluar dari batu besar yang terdapat dibukit yang mereka tunjuk. Dengan seizin ALLAH SWT yang maha kuasa lagi pencipta, terbelah batu besar dan keluarlah seekor unta betina.
Setelah keluarnya unta betina dari batu tersebut, maka berkatalah nabi soleh AS. Ini dia unta ALLAH, jangan kamu ganggu serta biarkan ia mencari makanan sendiri dibumi ALLAH ia punya giliran mendapat air, kalian punya giliran mendapatkan air dan ternakmu juga.
Seta ketahuilah!! Kalian ALLAH SWT akan menimpakan azab kepada kalian apabila kalian mengganggu binatang ini.
Lalu unta nabi itu berkeliaran untuk memakan rumput tanpa ada gangguan. Disuatu saat giliran unta nabi soleh AS untuk minum disebuah perigi tanpa ada seekor binatangpun berani menghampirinya. Ternyata hal itu menimbulkan perasaan tidak senang dari para peternak akan adanya unta itu.
G.Azab Kaum Tsamud
DALAM KISAH NABI SOLEH telah memberitahukan kepada kaumnya yang kafir, bahwa azab ALLAH akan menimpah mereka. Azab itu akan muncul setelah tanda –tanda yang diberikan oleh ALLAH SWT muncul. Tanpa pertama saat mereka terbangun dari tidurnya, wajah mereka akan berubah menjadi kuning.
Pada hari kedua akan menjadi merah, hari ketiga berubah menjadi hitam. Dan hari keempat maka datanglah azab ALLAH SWT yang akan ditimpahkan.
Mendengar ancaman zab yang disampaikan nabi soleh AS para pembunuh unta ini bersiasat akan membunuh nabi soleh AS. Dengan rahasia mereka mengadakan pertempuran rahasia melaksanakan rancangan pembunuhan nabi saleh AS diwaktu malam.
Kemudian datanglah mereka disuatu malam melaksanakan rencana jahatnya. Dimalam yang gelap dan sunyi jatuh batu besar diatas kepala mereka yang tidak diketahui dari mana datangnya sehingga membuat mereka kehilangan nyawa seketika. Demikian ALLAH SWT melindungi hambanya yang beriman dari oerbuatan jahat hambanya yang kafir.
Akhirnya datanglah azab ALLAH SWT yang telah dijanjikan itu, nabi soleh AS bersama kaumnya yang beriman menuju rumah di palestina. Mereka meninggalkan HIJR dan penghuninya. Kaum tsamud telah biasa dengan diberikan mereka azab berupa halilintar yang dahsyat dengan diiringi gempa bumi.
H.Wafatnya Nabi Soleh As
Kisah Wafatnya Nabi Soleh AS Meninggal Dunia Pada Umur 70 Tahun, Wafat Di Namahiyir Di Negara Palestina. Melakunan Perjalanan Kurang Lebih 4 Jam Dari Kota Tarim
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA
SEMOGA MENJADAI ILMU BAGI KITA SEMUA
AMIN....

4 comments:

  1. ALLAH SWT berfirman : “dan ingatlah ketika dia menjadikan kamu khafilah – khafilah setelah kaum Ad dan menempatkan kamu di bumi. Ditempat yang datar kamu dirikan istana – istana dan bukit bukit kamu pahat menjadi rumah rumah. Maka ingatlah nikmat nikmat ALLAH dan janganlah kamu melakukan kerusakan di bumi (QS.AL-A’RAF:74)

    ReplyDelete
  2. Dakwah Nabi Saleh As Kepada Kaum Tsamud

    ReplyDelete
  3. lailaha illallah muhammadurrosululloh..

    ReplyDelete