Thursday, September 6, 2018

Kisah Nabi Nuh Dan Bahteranya


Kisah Nabi Nuh Lengkap Dan Mukjizat Nabi Nuh

mukjizat nabi nuh  dan para pengikutnya yang selamat dari banjir terbesar yang menyelimuti bumi


Alhamdulillah sahabat qur’an yang dimuliakan Allah . kali ini kita akan kembali berbagi kisah tentang riwayat nabi  yang wajib kita ketahui yaitu kisah nabi nuh Alaihissalam. Nabi nuh merupakan nabi yang berada diurutan ketiga. Setelah nabi adam alaihissalam dan nabi idris Alaihissalam yang wajib kita ketahui dan pelajari dari total sekitar 124 ribu nabi, yang telah diutus oleh Allah SWT dengan 313 diantaranya adalah nabi dan Rasul.
Nabi nuh sendiri merupakan keturunan nabi adam yang ke 9.dikutip dari kitab ibnu katsir tentang kisah para nabi, jarak antara nabi nuh dengan nabi adam adalah 10 abad. Agama islam yang dibawa nabi adam terus berkembang, tetapi setelah masa yang panjang antara nabi idris dan nabi nuh menyebabkan umat manusia, yaitu kaum nuh yang ada saat itu sudah sangat jauh menyimpang dari jalan Allah.
Mereka kembali pada perbuatan ingkar dengan menyembah patung – patung yang mereka anggap sebagaai tuhan. Mereka meniru bapak – bapak mereka terdahulu dan menganggap bahwa perbuatan itu pasti benar. Patung – patung itu pada awalnya adalah orang – orang sholeh yang menjadi pewaris nabi idris, yang berdakwah agar agama Islam selalu di amalkan oleh masyarakat.
Para orang shaleh yang bernama wadd, shuwa ini selalu mengingatkan masyarakat agar bertakwa kepada Allah SWT. Akan tetapi ketika para orang shaleh ini meninggal maka iblis la’natullah mulai membisik-bisiki nenek moyang kaum Nuh untuk tidak melupakan jasa mereka. Cara untuk tidak melupakan jasa mereka adalah dengan membuat patung-patung yang menyerupai orang-orang shaleh tersebut.
Pada masa awal pembuatan paatung ini, keimanan dan keislaman masyarakat masih terjaga. Akan tetapi seiring dengan waktu dan setelah beberapa generasi, ketika ilmu agama mulai memudar di antara mereka, maka secara perlahan tapi pasti iblis mulai menggiring kaum Nabi Nuh untuk menyembah patung-patung ini dan menjadikannya sebagai Tuhan Demikian cara licik iblis dalam melakukan tipu dayaanyaa kepada umat manusia.
Iblis lagi-lagi berhasil membuatketurunan Adam kembali tergoda bujuk rayu mereka. Kaum Nuh kemudian menjadi sangat jauh kesesatannya dalam ketaatan kepada Allah. Mengimami dan menyembah kepada Allah tidak mereka kenal lagi. Dan iblis pun sangat senang, karena sudah berhasil mengajak manusia untuk menemaninya menjadi penghuni neraka jahannam.
Nuh yang masih mau menggunakan akal sehatnya, dapat berfikir dan menghilangkan ketidakberdayaan ini serta membuatnya terbebas dari segala bentuk kesyirikan kaumnya, dan melepaskan diri dari penyembahan kepada patung-patung buatan manusia tersebut. Allah SWT pun kemudian mengangkat Nuh sebagai penerus rislah kenabiaan.

Perjuangan Dakwa Dan Mukjizat Nabi Nuh Alaihissalam
Nabi Nuh alaihissalam mendapatkan beberapa petunjuk dari Allah agar membersikan keimanan kaumnya untukmenyembah hanya kepada Allah. Pada masa itu, setiap memiliki usia yang panjang. Nuh diangkat oleh Allahmenjadi nabi dan Rasul padausia 480 tahun. Dalam Al’Qur’an disebutkan bahwa usia Nabi Nuh adalah 950 tahun.
Sepanjang usianya tersebut. Nabi nuh Alaihissalam berdakwa dan menyeru tiada kenal lelah. Tidak hanya kepada orang-orang di sekitarnya tapi yang utama kepada anggota keluarganya sendiri. Tetapi sayang setelah berdakwa selama hampir 5 abad, Nabi Nuh hanya memiliki  sedikit pengikut, yaitu hanya sekitar 70 sampai 80 orang.
Pengikut Nabi Nuh alaihissalam hanya terdiri dari orang-orang biasa, bukan orang terpandang dan kaya raya. Sedangkan kaum Nuh yang kafir itu tidak suka bila berdekatan dan bersama-sama dengan orang-orang tersebut. Mereka menggangap bahwa derajat mereka lebih baik dari pada Nabi Nuh dan para pengikutnya.
Penolakan atas ajakan Nabi Nuh tidak hanya berasal dari kaumnya saja tetapi juga berasal dari kalangan keluarga terdekatnya sendiri. Istri beliau dan putra kandungnya sendiri kan’an Dua orang secara terang-terangan menentang ajaran Nabi Nuh dan mempengahui orang lain untuk tidak mengikuti ajaran Nabi Nuh Alahissalam.
Bagi kaum yang durhaka itu.Nabi Nuh alahissalam di anggap hanya sebagai manusia biasa, dan tidak mempunyai kelebihan apa pun. Alasannya itulah yang digunakan untuk tidak menaati ajaran yang di bawa Nabi Nuh alaihissalam.
Pemimpin-pemimpin kaum yang kafir itu kemudian berkata. Akan dengan rela mengikuti Nabi Nuh Alaihissalam. Dengan syarat pengikut-pengikut Nabi Nuh yang terdiri dari orang-orang hian di tinggalkan atau di biarkan dan diusir. Tentu saja Nabi Nuh menolak syarat tersebut.
Pemimpin-pemimpin kaum yang kafir merasa kesal kemudian menentang Nabi Nuh Alaihissalam Bla memang kedurhakaan mereka kepada Allah akan mendatangkan azab yang besar. Maka mereka meminta Nabi Nuh agar menyegerakan datangnya azab tersebut.
Nabi Nuh kemudian mendapat petunjuk dari Allah SWT, sekaligus merupakan mukzizat Nabi Nuh Alaihissalam yaitu diperintah Allah untuk membangun bahtera yang besar. Bahtera itu terbuatdari kayu jati.batera tersebut kemudian di kerjakan oleh Nabi Nuh bersama dengan para pengikutnya.
Pembuatan bah tersebut ternyata memakan waktu yang sangat lama yaitu mencapai 40 tahun. Selama itu nabi nuh alaihissalam diuji kesabarannya, menghadapi kaum yang memandang pekerjaannya itu sebagai pekerjaan orang gila, karenaa membangun bahtera diatas gurun pasir.
Menurut ibnu abbas, bahtera nabu nuh memiliki ukuran panjang 1.200 hasta lebar 600 hasta. Bahtera itu dubuat tiga tingkat yaitu tingkat pertama diperuntukan untuk hewan, tingkat kedua untuk manusia, pengikut nabi nuh dan tingkat ke tiga untuk bangsa burung. Bagian bahtera itu ditutupi dengan kayu penutup.
Nabi nuh alaihissalam kemudian berdoa kepada Allah SWT. Beliau memohon agar Allah jangan membiarkan seorangpun dari kaum dan pemimpin yang kafir itu tetap tinggal di muka bumi. Jika dibiarkan hidup nantinya mereka akan menyebabkan banyak orang menjadi tersesat dan selalu berbuat maksiat.
Setelah selesai membuat bahtera di atas bukit ditengan gurun pasir selama kurun waktu 40 tahun, maka Allah memerintahkan nabi nuh untuk bersiap –siap. Sebagai tandanya adalah akan muncul air dari dalam tannur di dapur rumah nabi nuh AS.
Para ahli tafsir menafsirkan bahwa tafsiran dari a-tannur adalah oven(alat untuk memanggaang roti)
dirumah nabi nu.  Apabila air muncul dari keluar dari at-tannur tersebut serta mengalir maka itu merupakan perintah bagi nabi nuh untuk bergerak.
Maka pada suatu hari tannur itu mulai menunjukkan tanda – tandanya dari dalam rumah nabi nuh. Mengetahui hal itu nabi nuh pun segera membuka bahteranya dan mengajak orang – orang mukmin untuk menaikinya. Jibril turun kebumi nabi nuh membawa burung, binatang buas, binatang yang berpasang – pasangan, sapi, gajah, semut dan lain – lain.
Jibril menggiring setiap dua binatang yang berpasangan agar setiap spesies binatang tidak punah dari muka bumi. Menurut riwayat hewan yang pertama kali naik adalah burung kakak tua, sedangkan hewan yang terakhir adalah keledai, diceritakan bahwa iblis ikut bergelantung di pundak keledai.
Peristiwa ini Allah gambarkan dalam Alqur’an surat Hud ayat 40, yng artinya:
“hingga apabila perintah kami datang dan tannur telah memancarkan air. Kam befiman; muatkanlah  kedalam bahtera itu dar masing – masing binatng sepasang( jantan dan  betina) dan orang yang terdahlu kecuali orang yang terdahulu ketetapannya dan muatlah pula orang – orng beriman dan tidak beriman bersama nuh itu kecuali sedikit.(QS.HUD;40)
Istri nabi nuh idak beriman kepadanya sehingga ia tidak ikut menaiki perahu dan salah satu anaknya, Kan’an juga tidak beriman. Hanya ada 80 orang mukmin yang masuk kedalam bahtera. Hewan – hewan darat Allah kumpulkan di lantai pertama kapal, sedangkan lantai kedua manusia dan lantai ketiga jenis burung. Agar hewan buas tidak memakan hewan jinak, maka Allah turunkan demam kepada hewan buas tersebut.
Setelah semua makhluk yang Allah takdirkan selamat kapal dan pintu kapalpun ditutup maka dengan kekuasaanNya Allah turunkan air dari langit dan dari bumi. Air mulai meninggi yang keluar dari celah – celah bumi, tiada satu celahpun dibumi kecuali keluar air darinya.
Selain itu dari dari arah langitpun mulailah turun air hujan yang sangat deras dan belum pernah terjadi sebelumnya sedemikian deras seperti itu di bumi, termasuk pula setelahnya tidk akan ada lagi hujan seperti itu. Lautan semakin bergolak dan ombaknya menerpa apa saja dan menyapu bumi.
Isi perut bumipun bergolak dan bergerak dengan gerakan yang belum pernahterjadi sebelumnya, tidak wajar sehingga mengakibatkan bola bumi tenggelam dalam air untuk pertama kalinya, dan bumipun menjadi seperti bola air.
Peristiwa ini Allah gambarkan dalam Al-qur’an yang artinya:
“ maka kami bukakan pintu – pitnu langit dengan (menurunkan) air yang tercurah. Dan kami jadikan bumi memancarkan mata air –mata air maka bertemulah air- air itu untuk satu urusan yang sungguh telah ditetapkan dan kami angkut nuh ke atas bahtera yang terbuat dari papan dan paku.” (QS.qomar:11-13)
Air terus naik tinggi hingga diatas manusia bahkan hingga melampaui ketinggian pohon, dan puncak gunung. Akhirnya seluruh permukaan bumi diselimuti oleh air. Itulah banjir dan tsunami terdahsyat serta terbesar sepanjang masa. Tidak ada lagi banjir sebesar ini lagi hingga sampai tiba hari kiamat nanti.

Kisah Kan’an Anak Nabi Nuh Yang Durhaka
Nabi nuh alaihissalam dikaruniai empat orang keturunan. Putra tertua bernaman Kan’an dan adik adiknya bernama Yafith, sam dan ham. Sebelumnya azab menimpaa kaum nabi nuh Kan’an menyembunyikan kebenciannya kepada bapaknya dan pura – pura beriman.
Namun ketika azab besar dan banjir besar mengepung seluruh bumi tampaklah kedurhakaan Kan’an Allah membongkar kemunafikannya dan tidak memasukkannya kedalam golongan yang selamat, sehingga saat bahtera nuh mulai berlayar, Kan’an anak nabi nuh Alaihissalam tidak mau masuk kedalm kapal dan tetap ingin menyelamatkan diri dengan berenang menuju puncak sebuah gunung yang belum terjama air. Kan’an yakin air tidak mungkin sampai kepuncak gunung tersebut.
Ketika seluruh air telah menutupi bumi muncullah naluri kasih sayang seorang ayah yang akhirnya membuat nabi nuh Alaihissalam dengan segala upayanya berusaha mengajak, hingga membujuk merayu Kan’an anaknya supaya bersedia ikut bersamanya naik bahtera.
Kan’an anakku! Naiklah ke perahu bersama kami! Janganlah kau mati bersama orang – orang kafir! Kan’an menjawab? Tidak ayah aku akan selamat berada di puncak gunung itu kata Kan’an pongah
“ Kan’an... dengarkan ayah! Tidak ada yang melindungimu dari keadaan ini selain Allah yang maha Penyayang”(QS. 42  - 43)
Disela pembicaraan antara ayah dan anak tersebut tiba – tiba muncullah gelombang besar yang menghalangi keduanya. Kan’an seketika lenyap dari penglihatan nabi Nuh AS. Nabi nuh AS berusaha mencari namun beliau tidak menemukan selain ombak yang semakin tinggi. Nabi Nuh AS sangat sedih ia telah kehilangan anak yang sangat disayanginya. Tiada lagi permukaan bumi yang tersisa, seluruhnya telah tenggelam tak ada lagi manusia yang hidup kecuali yang berada diatas perahu.
Nabi nuh sangat sedih dan menyesali kematian anaknya yang tragis. Beliau menyesal mengapa Kan’an tidak mengikuti ajakannya. Nuh bertanya –tanya mengapa Allah tidak menyelamatkan anaknya. Padahal Nuh melihat selama ini Kan’an tidak pernah membanta ucapannya. Rupanya nabi Nuh tidak menyadari kalau selama ini Kan’an menyembunyikan kefakirannya.
Nabi nuh yang saat itu sangat bersedih tanpa bisa disadari terucaplah permohoman dari lisannya permohonan
“ Ya Tuhanku sesungguhnya anakku termasuk keluargaku dan sesungguhnya janji engkau itu adalah benar, dan sesungguhnya engkau adalah hakim yang seadil –adilnya (QS.Hud:45)
Allah pun menjelaskan kepada nabi Nuh AS
“ Hai nuh, sesungguhnya Kan’an itu bukanlah termasuk keluargamu yang dijanjikan akan diselamatkan sesungguhnya perbuatannya tidak baik. Sebab itu janganlah engkau memohon kepada-Ku sesuatu yang engkau tidak tahu hakekatnya. Aku peringatkan kepada supaya kamu jangan termasuk orang – orang yang tidak berpengetahuan”(QS.Hud:46)
Seketika nabi Nuh pun tersadar dan memohon ampun kepada Allah SWT atas kekhilafannya.

Akhir Banjur Bandang Nabi Nuh
Banjir, taufan dan tsunami melanda semua belahan bumi. Tak satupun satupun bagian bumi yang tdak tenggelam. Satu riwayat menggambarkan bumi seperti bola air. Seluruh makhluk hidup, tumbuhan, hewan dan manusia musnah tak ada satupun yang tersisa. Setelah 150 hari terombang ambing diatas laut tanpa batas, akhirnya Allah SWT pun memberikan perintah agar air surut.
Setelah air surut maka mendaratkan bahtera nabi nuh dengan selamat di bukit JUDD ARMENIA. Keluarlah nabi nuh bersama para pengikutnya darri dalam bahtera. Sekitar 80 orang yang ikut dalam bahtera nabi nuh beserta ke tiga orang anak anbi Nuh pun  turun. Mereka bersam hewan yang selamat memulai kehidupan baru mereka.
Diriwayatkan seluruh pengikut nabi nuh yang turut bersama dalam bahtera nuh akan wafat tanpa menyisahkan satu keturunanpun. Hanya anak nabi Nuh yaitu sam, Hamdan, Yafith ysng memiliki keturunan Hingga akhirnya seluruh ras manusia yang ada sekarang ini semuanya merupakan keturunan mereka bertiga, Tak heran bila kemudian nabi Nuh disebut juga sebagai bapak para manusia.
Sam dan keturunannya merupakan cikal bakal bangsa Arab, Yafith melahirkan keturunan bangsa Rum(romawi) dan Ham menghasilkan keturunan bangsa Habasyah(Ethopia)
Demikianlah kisah nabi nuh lengkap dan mukjizat nabi nuh berupa pembuatan bahtera nabi nuh yang sangat besar hingga menampung 80 orang beserta makhluk hidup lainnya yang dipersiapkan untuk melanjutkan kehidupan baru umat manusia setelah banjir bandang reda.
Rosululloh SAW selalu mengisi ruh pra sahabat dengan salah satunya memasukkan kisah para nabi. Kisah – kisah tersebut beliau dapatkan langsung dari Allah SWT. Melalui malaikat jibril AS melalui kisah – kisah tersebut Allah kuatkan dan teguhkan hati Rosullulloh dan para sahabatnya dalam mengembalikan kejayaan islam.
Mari kita contoh Rosullulloh ini kepada putra – putri kita dan saudara kita agar kejayaan islam segera terwujud di seluruh muka bumi. Aamiiinn.......




































5 comments:

  1. kisah yang sungguh luar biasa ternyata banjir terbesar adalah di masa nabi nuh AS

    ReplyDelete
  2. menyentuh hati kisah nabi nuh Alaihissalam

    ReplyDelete
  3. adam, idris, nuh, hud sholeh, ibrohim, luth dst merupakan nabi yang wajib kita imani teman semua

    ReplyDelete
  4. MASYAallah kisah nabi nuh yang mengharuhkan

    ReplyDelete