Monday, September 3, 2018

GAMBARAN INDAHNYA SURGA ALLAH SWT MENURUT ISLAM


GAMBARAN INDAHNYA SURGA ALLAH SWT MENURUT ISLAM
gambaran indahnya surga Allah SWT bagi para hambanya yang takwa

            Surga dan neraka adalah dua nama yang cukup populer dikalaman umat beragama termasuk juga diyakini oleh umat islam keberadaannya sebagai tempat yang akan dihunu manusia setelah melewati proses kehidupan kelak nanti. Kedua tempat ini memiliki peran yang berlawanan dimana apabila surga nantinya akan dipenuhi dengan orang – orang  beriman kepada Allah SWT, bertakwa, rajin beribadah, berbuat baik dan selalu menaati dan mengikuti apa yang disunnahkan oleh Rasullah SAW. Sedangkan neraka justru sebaliknya yaitu akan dipenuhi oleh orang – orang kafir, musyrik, dan orang – orang yang tidak mau melaksanakan perintah Allah SWT dan rasulnya.
            Diibaratkan surga merupakan tempat yang dipenuhi dengan keindahan dan kebahagiaan sejati yang tidak pernah didengar oleh manusia dan tidak pernah terbesit didalam hati dan tidak pernah terpikir oleh manusia maupun oleh jin, sehingga setiap orang yang ada didunia ini semuanya tanpa terkecuali ingin masuk dan menjadi ahli surga dan itu menjadi tujuan utama dari orang – orang yang setiap hari setiap malam selalu memohon dan beribadah, membaca doa selamat, berbuat kebaikan karena ingin suatu kelak nanti menjadi ahli surga. Sebaliknya dengan neraka justru tidak ada satupun manusia yang ingin menjadi penghuninya sebab diibaratkan neraka sebagai tempat yang seram dan menyeramkan di mana didalamnya penuh dengan siksasaan diatas kobaran api neraka.
            Meskipun manusia sekarang yang masih hidup didunia belum mengetahui pasti secara nyata bagaimana keadaan di dalam surga atau neraka, namun kedua tempat ini di yakini keberadaannya bahkan oleh orang yang selalu berbuat dosa pun meyakini akan adanya surga dan neraka. Tentu sudah tidak bisa diragukan lagi sebab kedua tempat ini jelas langsung diutarakan dalam banyak firman Allah SWT yang menjadi firman yang tidak ada keraguan sedikit pun kebenarannya seperti salah satu satunya di dalam QS. Albaqoroh: 39 yang artinya ““ adapun orang – orang kafir dan mendustakan ayat – ayat kami, mereka itu penghuni Neraka, mereka kekal didalamnya””.
Ø  GAMBARAN SURGA

Bidadari surga
Setiap laki – laki akan takluk dan lulu hati dan penasaran apabila bertemu dengan seorang bidadari pujaan hatinya, hatinya akan senang dan gembira apabila bisa bertemu dengannya apalagi sampai memilikinya, namu namun kecantikan keindahan bidadari dunia hanyalah sebagian kecil yang tidak ada apa – apanya apabila dibanding dengan bidadari yang ada di dalam surga, secantik dan sesempurna apapun bidadari dunia pasti disatu sisi terdapat banya kekurangan meskipun itu yang dinobatkan sebagai miss kecantikan dunia yang hanya terlihat cantik karena adanya polesan kosmestik dan obat – obatan kimia.
            Namun kecantikan dan keindahan bidadari surga sungguh tidak ada bandingnya, keindahan sangat sempurna tidak ada sedikitpun kekurangan darinya, lemah gemulai, cantik jelitanya dan kesempurnaan bentuk tubuhnya sunggu tidak bisa di gambarkan oleh nalar manusia manusia biasa dan mereka para bidadari surga setia melayani para penghuni ahli surga, sebagaimana dalam beberapa keterangan baik dari hadist ataupun Al-Qur’an yang mulia, disebutkan misalnya:
“Maka nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian dustakan? Di ranjang – ranjang itu ada bidadari –bidadari yang menundukkan pandangan, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka(penghuni – penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian dustakan? Seakan – akan bidadari itu permata yakut dan marjan”(ar-Rahman: 58 – 58),
“Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya” (HR.Bukari dan Musllim)
“Sesungguhnya orang – orang yang bertakwa akan memperoleh kesenangan, yaitu kebun – kebun, buah anggur, dan kawa’ib atraba( gadis – gadi perawan yang sebaya)” (an-Naba: 31 – 33)
“Sesungguhnya kami menciptakan mereka(wanita surga) dengan langsung dan kami jadikan mereka gadis – gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umumnya” (AL-Waqiah: 35 – 37).
Kenikmatan Paling Tinggi Untuk Para Penghuni Surga
          berbagai kenikmatan yang ada di dalam surga tidak akan pernah bisa kebayangkan oleh manusia sesama hidupnya, bahkan semua jenis kenikmatan yang berada didalamnya sungguh berada diluar jangkauan pemikiran – pemikiran manusia, begitu istimewa yang tidak ada tandingannya. Namun dari kesemua kenikmatan tersebut masih ada  lagi berupa kenikmatan paling tinggi yang akan dirasakan dan di dapatkan oleh para ahli surga yaitu melihat Wajah Robbul ‘Alamin sebagaimana hal ini diutarakan dalam  dalam sebuah hadist yang bunyi artinya: “ Rasullullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya: “ jika telah masuk penduduk al jannah ke dalam al jannah. Allah SWT berkata “ apakah kalian ingin tambahan dariku. Mereka seraya menjawab “ Bukankah Engkau telah menjadikan wajah – wajah kami bercahaya? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam jannah(surga) dan menyelamatkan kami dari an nar (neraka). Kemudian Allah SWT membuka hijabnya. Maka tidaklah mereka diberi nikmat yang lebih mereka sukai dibanding dengan melihat wajah Allah subhanahu wata ‘ala. (HR.Muslim no181).
Tersajinya makanan dan minuman yang sangat istimewa
Di alam dunia makanan  dan minuman merupakan hal pokok yang menjamin kehidupan setiap orang di mana kekuatan daya tahan tubuh serta kenikmatan akan bisa dirasakan dengan adanya makanan yang serba ada dan enak serta sehat. Akan tetapi untuk mendapatkan makanan terbaik dunia seseorang harus bekerja keras untuk menggapainya bahkan bahkan untuk membelinya saja setidaknya harus mengeluarkan dana cukup banyak.berbeda halnya dengan makanan dan minuman yang ada di syurga dimana segala sesuatu yang enak,nikmat,rasa yang luar biasa lezatnya sudah siap di sajikan dengan gratis, bisa disantap kapan pun serta tidak ada yang namanya makanan busuk, semuanya sangat sempurna sebagaimana di jelaskan dalam beberapa keterangan seperti.
Di dalam surga kamu memperoleh apa(segala kenikmatan) yang kamu inginkan dan memperoleh(pula)didalamnya apa(segala kenikmatan) yang kamu minta.sebagai hidangan (bagimu) dari(Rabb) yang maha pengampun lagi maha penyayang’’.(Fushshilat/41:31-32).
Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat’’ ‘’DI  dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima’’.(QS.Arrahman ayat 54 dan 68)
Bersih,Sehat,Tampan Dan Wangi               
            bersih badan sehat wangi dan memiliki paras tampan. Adalah dambaan setiap insan akan tetapi sayang di dunia semua itu hanyalah keinginan belaka, ada pun mereka yang di anggap dan kelihatannya bersih atau tampan hanya sekedar beberapa waktu saja sudah mencapai beber
surga merupakan tempat keabadian yang tak pernah mengenal istilah tua atau uzur. Para penghuni surga akan selalu terlihat mulus,tampan,cantik,awet muda bercelak,mereka akan senantiasa muda dan pakainnya bersih atau tampan hanya sekedar beberapa waktu saja sudah mencapai beber
surga merupakan tempat keabadian yang tak perna mengenal istilah tua atau azur para penghuni surga akan selalu terlihat mulus,tampan,cantik,awet muda dan bercelak,mereka akna senantiasa muda dan pakainnya tidak pernah lusuh. Golongan pertama yang masuk surga kelihatan seperti bulan purnama. Mereka tidak pernah buang air kecil dan buang air besar. Mereka tidak beringus dan meludah. Sisir mereka terbuat dari emas dan bejana mereka terbuat dari misk.dan perasapannya terbuat dari kemenyan.para penghuni surga adalah kebanyakan orang miskin dan lemah.Rasulullah adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu surga(HR. Muslim).
Diliputi kemudahan,tidak pernah ada kesulitan
Jika biasanya manusia di dunia ini selalu berada dalam kesukaran,keterpurukan dan kesusahan karena memang di dunia bukan tempat untuk senang-senang sehingga jika menginginkan sesuatu pun harus dengan hasil jeri payah super ekstra. Bahkan untuk makan saja setidaknya manusia di dunia haarus bekerja mulai dari pagi hingga sore dan itu pun masih belum cukup dan tidak bisa menjamin kesenangan dan kebahagiann. Akan tetapi kenikmatan yang ada di dalam surga sugguh sempurna segal sesuatu bisa di dapat dengan sangat nudah, di layani oleh para pelayan terbaik pilihan allah yang mana ketika penghuni surga ada yang di inginkan mereka akan langsung melayaninya.
Didalam surga,para penghuninya tidak akan perna mendapatkan kesusahan sedikitpun.apa yang diinginkan akan dengan begitu mudah untuk didapatkan.ketika ingin makan atau minum akan dilayani oleh para pelayan surga. Bahkan apabila penghuni surga tertarik untuk memetik buah buah surga,maka buah buahan tersebut mendekat kepadanya hingga ia dapat mengambil mana yang ia sukai,coba bayangkan dan pikirkan adakah kenikmatan dan kenyamanan selain dari pada ini,coba tengok 2 ayat firman allah di bawah ini.
Dalam surat shad ayat 49-54 di jelaskan bahwa orang-orang yang bertakwa akan memperoleh kehormatan dan tempat kembali yang baik yakni surganya;’’sesungguhnya ini adalah benar benar rezeky dari kami yang tiada habis habisnya’’.(az-Zukhruf/43:71).
Tempat Istilah Yang Indah Dan Hidup dengan Segala Kemewahan Serta Perhiasan
Apakah masih kita meragukan tentang keindahan dan kenyamanan hidup di dalam surga dimana surga-surga di bawahnya, dihiasi dengan gelas mas,pakain hijau dari sutera halus dan sutera tebal, tempat peristirahatan yang sangat nyaman dan tenang.apakah hati kita masih menolak dengan kenyataan adannya semua itu di dalam surga,baiklah sekarang tengok lagi beberapa ayat al-qur-an yang berbunyi
Sesungguhnya mereka yang beriman dan beriman dan beramal saleh, tentulah kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan yang baik.
Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘ adn, mengalir surga-surga di bawahnya;dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakain hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah (QS-AL-Kahf ayat 30-31)
Keabadian yang aman
Segala yang ada di dunia ini pasti akan berakhir,masanya di mana segala sesuatu harus rusak dan hilang,anak muda yang tampan yang ganteng beberapa tahun kemudian akan menjadi tua dan keriput dan pada akhirnya meninggalkan dunia ini yang di sebut dengan kematian. Bahkan kekelan hidup di dunia bisa di hitung hanya dengan jari saja dalam arti apabila sudah usia mencapai puluhan 40, 50 berarti siap-siap untuk menghilang dari atas muka bumi menuju alam baka yang sama sekali belum pernah di ketahui bagaimana keadannya.
Sedangkan kehidupan di dalam surga semua itu tidak akan terjadi, keabadian dan kekekalan hidup di surga benar-benar abadi tidak ada batas waktunya. Disurga tidak ada namanya kematian,yang ada adalah keabadian dengan suasana yang aman tentram.meskipun sudah ratusan hidup di surga para penghuninya tidak akan pernah menemui namanya takut akan kematian, sungguh kehidupanyang sangat sempurnah sebagimana tertulis dalam firman allah yang bunyinya sebagai berikut.
‘’(sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam . tempat) atau kedudukan (yang aman) dari semua hal-hal yang menakutkan’’.
Gambaran para penghuni surga
Di antara orang-orang yang akan menjadi calon penghuni surga bukanlah dari golongan mereka yang selalu hidup nya berpoya-poya, lali terhadap ibadah, jauh dari norma-norma agama, bukan juga mereka yang hanya mementingkan perutnya apalagi bukan mereka bukan orang kafir yang sama di antara orang-orang yang akan menjadi akan menjadi calon penghuni suga bukanlah dari golongan mereka yang selalu hidup nya berpoya-poya, lali terhadap ibadah, jauh dari norma-norma agama, bukan juga mereka yang hanya mementingkan perutnya apalagi bukan mereka orang kafir yang sama sekali tidak percaya allah swt sebagai tuhannya dan muhammad saw adalah utusannya, serta bukan pula mereka yang mengaku umat islam tetapi jauh dari keislaman. Tetapi calon penghuni surga adalah mereka-mereka umat islam yang beriman serta beramal saleh dan taat terhadap semua aturan-aturan yang di perintahkan allah serta rasulnya.
Dan orang-orang yang beriman yang beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekel di dalamnya (QS AL-Baqarah ayat 82).
Orang pertam kali yang mengetuk pintu al jannah (surga), lalu membuka dan kemudian memasukinya adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dari shahabat anas bin malik radhiallahu’anhu, Rasulullahu’alaihi wasallam bersabda: ‘’saya adalah orang yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat dan saya adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu al jannah.’’(HR. Muslim no. 196).
Sekalipun umat islam ini adalah umat terakhir, namun allah subhanahu wata’ala (dengan rahmat-nya yan luas) memilihnya sebagai  umat yang pertama kali masuk jannah. Dari shahabat abu hurairah radhiallahu’anhu rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: kita adalah umat terakhir namun paling awal pada hari kiamat. Kita adalah umat yang pertama kali masuk al jannah, meskipun mereka di beri kitab sebelum kita, dan kita di beri kitab sesudah merek.’’(HR.Muslim no.855).

TERIMAHKASIH SUDAH MEMBACA ARTIKEL INI SEMOGA MENJADI ILMU BARU BAGI KITA DAN PENYEMANGAT
AAAMIIIIINN...
assalamu'alaikum warohmatullohiwabarokatuh

3 comments:

  1. semoga kta semuua diberi rahmat oleh ALLAH SWT, DAN dimasukkaan kedaalaam surganya,
    ampuni kami yaa allah

    ReplyDelete
  2. mari saling bantu dan mendoakan semoga kita dimasukkan Kedalam surga Allah SWT

    ReplyDelete