Saturday, September 8, 2018

doa nabi yusuf dan ketampanan rasullullah SAW


Inilah Manusia Yang Ketampanannya Melebihi Nabi Yusuf As
inilah manusia yang ketampanannya melebihi nabi yusuf alaihissalam

Assalamualaikum warohmatulloh wabarookaatuh
Seperti yang Kita ketahui, Nabi Yusuf AS adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah untuk suatu kaum, yaitu masyarakat mesir. Nabi yusuf as dianugrahi mukjizat oleh Allah. Mukjizat Nabi yusuf as yaitu dapat menafsirkn mimpi dan memiliki wajah yang luar biasa tampan.
Nabi yusuf merupakan Nabi yang populer dengan wajahnya yang tampan. Ketampanan wajah Nabi yusuf telah banyak di jelaskan dalam Al-Qur’an hingga semua wanita yang melihat ketampanan beliau akan secara tidak sadar mengiris tangan mereka.
Ketampanan yang dimiliki Nabi yusuf as diatas rata-rata, karena beliau secara khusus memiliki setengah ketampanan umat manusia dan setengah ketampanan sisanya, terbagi kepada semua manusia lainnya. Rasulullah Saw juga menggambarkan bagaimana ketampanan Nabi Yusuf as. Hal ini terjadi saat baginda rasulullah dijemput malaikat jibril saat melaksanakan Isra’Mij’raj untuk menjemput perintah solat. Saat itu, Rasulullah Saw bertemu dengan Nabi Yusuf as saat berada di langit ketiga. Rasulullah Saw, bersabda,’’Di sana  saya bertemu Yusuf as, ternyata beliau di beri setengah ketampanan.’’ (HR. Muslim 429)
Ibnu Qoyim menjelaskan makna hadist di atas, bahwa Nabi yusuf as secara khusus memiliki setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah ketampanan sisanya terbagi pada semua manusia lainya. (Badai al-fawaid, 3/723).
Karena ketampanan yang dimiliki Nabi yusuf as membuat setiap wanita saat itu tergila-gila karena terpakau ketampanannya, tak terkecuali Zulaikha yang merupakan majikan Nabi Yusuf AS. Sangking terpikaunya dengan ketampanan Nabi Yusuf AS, para wanita-wanita itu tanpa sadar melukai jari-jarinya. Al Qur’an mengabadikan peristiwa ini dalam surah yusuf ayat 31,’’Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf): ‘’keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka’’. Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokanrupa)nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: ‘’Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.
Kita sudah mengetahui ketampanan yang memiliki Nabi Yusuf AS, dan tidak ada satu manusia pn yang dapat menandingi bahkan melampaui ketampanan yang dimilikinya, kecuali Nabi Muhammad Saw. Ya, hanya Nabi Muhammad Saw.lah yang dapat melampui ketampanan Nabi Yusuf AS. Ketampanan yang dimilki Nabi yusuf AS tidak bisa menyaingi bahkan melebihi ketampanan yang dimiliki Nabi Muhammad Saw.
Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi Al-maliki dalam Kitabnya, Muhamad insanul kamil, mengatakan bahwa persentase ketampanan, keindahan dan keelokan yang Allah SWT. Turunkan ke alam ini dibagi beberapa bagian, dengan rincinan :
50 % untuk Nabi Muhammad Saw.
25 % untuk Nabi Yusuf as.
25 % dibagikan kepada seluruh alam raya beserta isinya, meliputi : keindahan alam, keelokann hewan, ketampanan dan kecantikan manusia, dan lain sebagainya.
‘’Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan ia memiliki wajah yang tampan dan suara yang bagus, dan Nabi yang paling tampan dan paling bagus suaranya diantara para Nabi yang lain.’’(HR. Tirmidzi). Tidak hanya memiliki wajah yang paling tampan, akan tetapi Nabi Muhammad Saw. Juga memiliki suara yang lebih merdu dari suara Nabi Daud AS.
Imam Al Bushairi sang pemilki kasidah burdah mengatakan, ‘’tidaklah ada orang yang menyamai Nabi dari ketampanannya, maka hakikat ketampanan yang ada padanya adalah tidak terbagi.’’
Lantas mengapa para perempuan tergoda dengan ketampanan Nabi yusuf AS dan tidak tergoda oleh ketampanan baginda Nabi kita ? bukanlah mereka lebih berhak untuk tergoda ketika ketampanan yang paling sempurna diantara makhluk Allah ini? Syekh yusri mengatakan,’’bahwa ketampanan baginda Nabi kita adalah dipenuhi dengan kewibawaan dan keagungan, sehingga mereka tidak ada satupun dari mereka yang terhentak dalam hatinyaa untuk mengodanya.
Jikalau perempuan semasa Zulaikha tak terasa telah mengiris tangannya ketika terpana melihat ketampanan Nabi Yusuf AS, maka seandainya saja di beri kesempatan untuk menetap baginda pastilah akan memilih untuk mengiris hati mereka. Sebagaimana diriwayatkan dalam kitab sirah bahwa sayyidah Aisyah ra, berkata’’seandainya saja rekan-rekan Zulaikha melihat pelipis baginda Nabi Muhammad, maka niscaya merek lebihmemilih mengiris hati dari pada tangan mereka.’’
Baginda Nabi Muhammad Saw. Adalah orang yang penuh dengan kewibawahan, sehingga para sahabat pun tidak ada yang ampu menetap wajahnya secara langsung.
Telah diriwayatkan bahwa ada seorang yang datang kepada baginda, kemudian dia gemeteran karena melihat wibawa sang baginda, hingga akhirnya bagindapun berkata:’’Tenangkanlah dirimu, sesungguhnya saya bukanlah seorang raja, saya hanyalah anak dari seorang perempuan yang makan daging kering.’’(HR.ibnu Majah).
Maka dari itulah kita jumpai hadist-hadist yang menceritakan tentang sifat-sifat dzahir baginda Nabi Muhammad Saw. Adalah mereka anak-anak dari golongan sahabat, seperti Hindun bin abi Halah, Anas ibnu Malik dan sayyidina ‘Ali ra, berkata ‘’Barang siapa memandang baginda Nabi secara sekilas maka dia akan takut  (karena dia akan wibawanya), dan barang siapa yang bermu’malah dengannya maka dia akan mencintainya.’’(HR. Tirmidzi). Wallahu A’lam.

Kesimpulan
1.Ternyata lelaki paling tampan di dunia bukan Nabi Yusuf, jika dikaji lebih jauh lagi maksudnya adalah ketampanan nabi Yusuf hanyalah setengah dari ketampanan yang telah diberikan Allah kepada seluruh umat manusia.Namun menurut para sahabat Nabi Mahammad, Rasulullah memiliki ketampanan yang tidak dapat digambarkan hingga setiap yang berada didekat beliau akan terlihat lebih tampan dari biasanya, jadi dapat di simpulkan bahwa ketampanan Rasulullah tidak hanya bermanfaat untuk dirinya saja melainkan dapat membawa kebaikan lagi bagi orang disekitarnya.
Jadi banyak orang yang berpendapat bahwa ketampanan Nabi yusuf hanyalah setengah dari kempanan Nabi Muhammad, namun pendapat ini tidak memiliki bukti kuat sehingga
kebenarannya masih diragukan.
2.Nabi Muhammad Saw. Memiliki ketampanan yang melebihi ketampanan Nabi Yusuf AS. Bukan hanya itu, Nabi Muhammad Saw. Memiliki wibawa yang begitu merdu melebihi kemerduan suara Nabi Muhammad Saw. Memilki wibwa dan keagungan yang begitu agung yang tidak dimilki oleh manusia, malaikat, bahkan para Nabi-Nabi terdahulu. Wibawa dan keagungan yang dimiliki Nabi Muhammad Saw. Membuat para sahabat tidak mampu menatap wajahnya secara langsung. Demikian artikel yang alfattah healt bagikan kali ini, semoga bermanfaat. Lebih dan kurangnya saya ucapkan terimah kasih, dan sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya. Wassalam.
Terimahkasih sudah membaca semoga menjadi ilmu dan kita bisa menjadi umat yang senantiasa istiqomah dalam ketaatan kepada Allah SWT.
AaaMiiiiN...
Wassalamualaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh..

Daftar pustaka:
1.Hadist riwayat ibnu majah
2.Hadist riwayat Al bukhori
3.Hadist riwayat muslim & turmidzi

3 comments:

  1. Nabi Muhammad Saw. Memiliki ketampanan yang melebihi ketampanan Nabi Yusuf AS. Bukan hanya itu, Nabi Muhammad Saw. Memiliki wibawa yang begitu merdu melebihi kemerduan suara Nabi Muhammad Saw. Memilki wibwa dan keagungan yang begitu agung yang tidak dimilki oleh manusia, malaikat, bahkan para Nabi-Nabi terdahulu. Wibawa dan keagungan yang dimiliki Nabi Muhammad Saw. Membuat para sahabat tidak mampu menatap wajahnya secara langsung.

    ReplyDelete
  2. Anas ibnu Malik dan sayyidina ‘Ali ra, berkata ‘’Barang siapa memandang baginda Nabi secara sekilas maka dia akan takut (karena dia akan wibawanya), dan barang siapa yang bermu’malah dengannya maka dia akan mencintainya.’’(HR. Tirmidzi). Wallahu A’lam.

    ReplyDelete
  3. Karena ketampanan yang dimiliki Nabi yusuf as membuat setiap wanita saat itu tergila-gila karena terpakau ketampanannya, tak terkecuali Zulaikha yang merupakan majikan Nabi Yusuf AS.

    ReplyDelete